VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI JAMUR UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS X SMA

Syevi Affriliani, Herlina Fitrihidajati

Abstract


Pembelajaran memiliki tujuan pokok membelajarkan siswa untuk memproses dan memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan melatihkan keterampilan proses. Salah satu  materi dalam mata pelajaran biologi perlu mengembangkan keterampilan proses adalah pada materi jamur yang terdapat pada KD 3.7 dan KD 4.7 yang menuntut siswa agar dapat mengklasifikasikan ke dalam divisi dan mengomunikasikan data laporan hasil praktikum. Melalui LKS yang dikembangkan ini, keterampilan proses yang dilatihkan merupakan keterampilan mengamati, menanya, menginterpretasi data, mengklasifikasi dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis scientific approach pada materi jamur untuk melatihkan keterampilan proses siswa kelas X SMA yang layak menurut validasi para ahli. Penelitian ini menggunakan rancangan berupa model 4-D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define (pendefisian), Design (perancangan), Develop (Pengembangan) dan Desseminate (penyebaran). Namun penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap develop saja. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan lembar performance test. Hasil data yang didapatkan dianalisis dengan skala Likert yang diinterpretasikan dalam skala modifikasi Riduwan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dikategorikan sangat valid dengan persentase 95,24% dan hasil keterampilan proses nilai rata-rata siswa 93,20 dengan kategori sangat baik dan 100% siswa tuntas.

Kata Kunci: LKS Berbasis Scientific Approach, Materi Jamur, Keterampilan Proses.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.