VALIDITAS DAN EFEKTIVITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI AVES KELAS X

Gandha Rochmadhani, Endang Susantini, Erlix Purnama

Abstract


Abstrak

Pembelajaran biologi bukan sekedar mempelajari suatu konsep tetapi juga mempelajari proses yang terjadi pada makhluk hidup. Demikian halnya dengan keberhasilan pembelajaran tidak cukup dilihat dari hasil saja. Pembelajaran langsung memberikan pengalaman baru yang dapat memotivasi siswa dalam belajar, salah satu pembelajaran langsung adalah pemanfaatan potensi lokal sebagai sumber belajar yaitu mangrove. Mangrove merupakan habitat beberapa hewan terutama aves. Salah satu metode yang memberikan pengalaman belajar langsung materi aves dalah metode field trip yang dipadukan dengan LKS (Lembar Kegiatan Siswa). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas LKS berdasarkan validasi ahli, mendeskripsikan keefektifan LKS berdasarkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu 4D, yaitu define (pendefinisian); design (perancangan); develop (pengembangan); dan disseminate (penyebaran), namun pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan). Tahap Pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi pada bulan Desember 2016 sampai Maret 2017 selanjutnya diujicobakan secara terbatas kepada 16 siswa SMA Bina Bangsa Surabaya pada bulan Juni 2017. Metode analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi berdasarkan aspek penyajian, isi, bahasa, dan kesesuaian dengan kegiatan field trip LKS dinyatakan sangat valid. LKS berorientasi field trip Jelajah Mangrove materi aves efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sebab hasil belajar dengan persentase ketuntasan rata-rata 81,56.

Kata kunci: Aves, LKS berorientasi field trip, Validitas LKS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.