VALIDITAS LKS BERBASIS PENDEKATAN SALINGTEMAS PADA MATERI JAMUR UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Uswatun Hasanah, Isnawati Isnawati

Abstract


Abstrak

Materi jamur adalah salah satu materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, dan siswa akan mudah memahami konsep materi tersebut jika dilakukan berdasarkan aktivitas yang dilakukan sendiri. Untuk dapat menunjang pelaksanaan proses pembelajaran materi jamur, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berbasis pendekatan Salingtemas (sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) dapat membimbing siswa dalam mengintegrasikan materi yang diberikan dengan kehidupan sehari-hari Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan salingtemas pada materi jamur yang valid berdasarkan penilaian validitas pakar biologi, pakar pendidikan dan guru biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan model 4-D. Tahapan model pengembangan ini adalah Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan) dan Disaminate (penyebaran). Pada tahap Dissaminate dilakukan sampai pada tahap pengemasan produk LKS yang dikembangkan. Kegiatan pengembangan dilaksanakan di jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Uji coba terbatas pada 16 siswa kelas X MIA 2 di SMAN 1 Menganti. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan rata- rata validitas LKS sebesar 3,40 masuk pada kategori valid. Dengan demikian LKS berbasis pendekatan salingtemas dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Salingtemas, validitas, Jamur.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.