PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI SISTEM INDERA KELAS XI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Nur Mubarokah, Nur Kuswanti

Abstract


Abstrak

Sistem Indera merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Materi Sistem Indera yang disampaikan dengan metode praktikum belum disertai dengan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) yang sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar (KD). Permasalahan ini membuat peserta didik kurang terlatih untuk berpikir kritis. Berpikir kritis adalah salah satu keterampilan dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai oleh peserta didik.  Salah satu model pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis tersebut adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat dituangkan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan LKPD berbasis Inkuri Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. LPKD yang diterapkan dalam penelitian ini telah dikembangkan oleh Azizah (2017). Penelitian ini menggunakan desain One grouppretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI MIPA 3 SMAN Jogoroto Jombang. Materi yang digunakan adalah Sistem Indera pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan penerapan LKPD berbasis inkuiri terbimbing materi sistem indera mendapatkan rata-rata keterlaksanaan sebesar 94,8% pada pertemuan pertama dan 90,9% pada pertemuan kedua. Ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 71% yang termasuk ke dalam kategori peningkatan sedang dengan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,6. Selain itu ketuntasan indikator pembelajaran pada aspek pengetahuan maupun keterampilan berpikir kritis juga meningkat dengan rata-rata ketuntasan sebesar 74,9% yang termasuk dalam peningkatan kategori sedang dengan rata-rata nilai n-gain sebesar  0,7. Kata kunci: inkuiri terbimbing; LKPD; keterampilan berpikir kritis; materi Sistem Indera.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.