PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA

Novita Zuhriyah, Guntur Trimulyono

Abstract


Abstrak

Materi virus merupakan materi yang sulit untuk dipahami karena bersifat abstrak, mengandung istilah yang sulit dan kebanyakan peserta didik sering salah membedakan antara virus dan bakteri. Kurangnya pemahaman peserta didik pada konsep virus mengakibatkan rendahnya hasil belajar, sehingga diperlukan bahan ajar yang sesuai dengan kecerdasan peserta didik yaitu lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis multiple intelligences pada materi virus yang valid, praktis, dan efektif. LKPD dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Dissaminate). Uji coba terbatas dilakukan pada 20 peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Kamal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, lembar tes evaluasi dan angket respon. Analisis data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memperoleh modus 4 dengan kategori sangat valid dan berdasarkan kesesuaian kecerdasan mendapatkan skor rata-rata presentase 98%. Dikatakan sangat praktis berdasarkan observasi keterlaksanaan LKPD 1 memperoleh presentase 93% dan keterlaksanann LKPD 2 memperoleh presentase 90%. LKPD dinyatakan sangat efektif ditinjau dari hasil belajar dengan analisis N-gain score rata-rata 0,75 dengan kategori tinggi, ketuntasan kelima kecerdasan yaitu Spatial visual, linguistik, logis-matematis, interpersonal dan musikal rata-rata presentase sebesar 92,5%, dan respon peserta didik mendapatkan skor rata-rata 98% dengan kategori sangat efektif.

Kata Kunci: LKPD, multiple intelligences, virus, hasil belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.