Pengembangan LKS Berbasis Problem Solving Pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa Kelas X SMA

Gita Wandira Ruci, Tarzan Purnomo

Abstract


Siswa perlu dilatih untuk lebih peka terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi disekitarnya, sehingga dibutuhkan sebuah bahan ajar yang digunakan untuk memfasilitasi siswa untuk dapat berlatih keterampilan berpikir kritis sekaligus berargumentasi terkait solusi penyelesaian masalah nyata yang ada di sekitar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis problem solving pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan argumentasi tertulis siswa kelas X SMA yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan lembar kegiatan siswa yang dilakukan mengacu pada model pengembangan 4-D tanpa tahap disseminate. LKS yang dikembangkan diujicobakan kepada 20 siswa kelas X SMAN 1 Gedeg. Validitas LKS ditentukan berdasarkan perolehan skor hasil validasi, kepraktisan LKS ditentukan berdasarkan aktivitas siswa, serta keefektifan ditentukan berdasarkan respon siswa. Hasil analisis validitas menunjukkan skor validasi sebesar 3,45 dengan kategori valid. Kepraktisan LKS memperoleh skor keterlaksanaan sebesar 92% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan berdasarkan hasil analisis respon memperoleh skor sebesar 90% dengan kategori sangat efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.