Validitas dan Efektivitas LKPD Pendekatan Toulmin's Argument Pattern Untuk Melatih Keterampilan Argumentasi

Hanita Chandra Devy, Rinie Pratiwi Puspitawati, Pramita Yakub

Abstract


231

Abstrak

Keterampilan argumentasi masih jarang digunakan dalam pembelajaran. Padahal, keterampilan ini diperlukan untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi. Toulmin’s argument pattern merupakan pendekatan untuk melatih keterampilan argumentasi dan belum pernah diterapkan di SMAN 16 Surabaya. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan LKPD pendekatan Toulmin’s argument pattern untuk melatih keterampilan argumentasi pada sub-BAB Spermatophyta yang layak berdasarkan validitas dan efektivitas. Penelitian ini0menggunakan jenis pengembangan ADDIE0yang terdiri0dari 5 tahapan0yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi yang diuji cobakan ke 20 peserta0didik0kelas0X SMAN 16 Surabaya. Hasil penelitiannya yaitu validitas LKPD yang ditentukan berdasarkan0hasil skor validasi sebesar 3.54 dengan kategori sangat valid dan keterlaksanaan LKPD sebesar 90.5% dengan kategori0 sangat praktis. Efektivitas LKPD ditentukan berdasarkan hasil ketuntasan keterampilan argumentasi sebesar 80% dengan kriteria tuntas; peningkatan hasil belajar yang diketahui dari N-Gain sebesar 0.81 dengan kategori tinggi; sensitivitas butir soal sebesar 0.46 dengan kategori sensitif; dan respons peserta didik sebesar 97.7% dengan kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.