Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Life Skills Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Rizkiyanti Devi, Raharjo Raharjo

Abstract


Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Life skills adalah LKPD yang disusun berdasarkan kecakapan hidup (Life skills) yang dibutuhkan dan dapat diaplikasikan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu memberi bekal dasar dan latihan-latihan mengenai kehidupan sehari-hari yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik agar berfungsi dalam menghadapi masa depan yang sarat persaingan dan kerjasama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan ditinjau dari segi validitas LKPD berbasis life skills pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran). Namun dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan yaitu validitas LKPD yang ditinjau berdasarkan lembar validasi oleh lima validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis life skills pada materi sistem pernapasan manusia ditinjau dari aspek validitas isi dan validitas konstruk secara berturut-turut dengan rata-rata persentase sebesar 89,33% dan 84,66% memperoleh kriteria sangat valid. Berdasarkan perolehan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis life skills pada materi sistem pernapasan layak digunakan di pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.