Validitas dan Efektivitas LKS PBL Pada Materi Ekosistem Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis

Maskurotin Azizah, Tarzan Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem yang valid dan efektif. LKS dikatakan valid jika sesuai dengan materi yang diajarkan, sedangkan efektifitas LKS berdasarkan pada hasil belajar siswa yang dilihat dari penilaian. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. LKS yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli dan diujicobakan kepada siswa kelas X MIPA 1 di SMAN 16 Kota Surabaya. Instrumen penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor validitas, efektifitas, dan hasil belajar siswa memperoleh kategori sangat baik dengan persentase berturut-turut sebesar 93%, 100% dan 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL menuntut siswa lebih percaya kepada hasil fakta-fakta pembelajaran yang konkret sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.