PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DALAM UPAYA MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA

USKI APRILIYANA

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis inkuiri pada materi pencemaran lingkungan dalam upaya melatih keterampilan berpikir kritis siswa.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Desseminate).Tetapipenelitian hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (Develop).Hasil pengembangan perangkat diujicobakan secara terbatas pada 15 siswa MAN 2 Bojonegoro.Parameter yang diukur adalah kelayakan perangkat pembelajarandan respon siswa.Analisis data dilakukan secara deskriptif  kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi, perangkat pembelajaran yang meliputi, silabus, RPP, LKS, buku siswa, dan tes evaluasi layak diterapkan dalam pembelajaran karena memperoleh persentase secara berturut-turut sebesar 88,89%; 89,58%; 93,33%; 90,19%; dan 100% dengan kriteria sangat layak. Kegiatan inkuiri dalam LKS mendapatkan respon positif dari siswa yang ditunjukkan dengan persentase respon positif siswa terhadap buku siswa dan LKSsecara berturut-turut ialah 88,47% dan 87,53%.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran, Inkuiri, pencemaran lingkungan, berpikir kritis.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.