PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA KELAS XI

MAHARANI PURWANTO PUTRI INTER

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas XI SMA pada materi pemanasan global setelah diterapkan strategi mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen jenis desain kelompok kontrol tidak ekuivalen dimana peneliti tidak mengubah keadaan kelas yang sesungguhnya dengan menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lamongan. Sampel yang diambil kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu penerapan strategi mind mapping, variabel respons yaitu keterlaksanaan pembelajaran, pemahaman konsep siswa, dan respons siswa, serta variabel kontrol yaitu pengajar, materi ajar, dan alokasi waktu pembelajaran. Berdasarkan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak, pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Siswa yang mendapatkan nilai mind mapping tinggi cenderung mendapatkan hasil post-test yang tinggi sebaliknya, siswa yang mendapat nilai mind mapping rendah cenderung mendapat hasil post-test yang rendah juga. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi mind mapping memperoleh nilai rata-rata dengan kategori sangat baik. Respons siswa terhadap penerapan strategi mind mapping mendapatkan skor yang tinggi dengan kategori sangat baik.


 


Kata kunci: Strategi mind mapping, Pemanasan Global, Pemahaman Konsep


 


 


Abstract


This research aims to describe concept understanding of eleventh grade students in global warming lesson after applicate mind mapping strategy. This research design is quasi experiment non-equivalent experimental control group design with one control class and one experiment class. The population of this research is eleventh grade students in SMA 2 Lamongan. The sample of this research are XI MIA 4 as control class and XI MIA 5 as experiment class. The variable in this research including manipulation variable is application of mind mapping strategy, response variable are student’s concept understanding, learning viability, and student’s response, and control variable are teacher, learning material, and learning time allocation. Based on the two-tile and one-tile of t-test, student’s understanding in experiment class better than control class. The students who have high score in mind mapping get high score in post-test result too. Oppositely, students who have low score in mind mapping get low score in post-test result too. Application of mind mapping strategy get good categorized. 


 


Keywords: Mind mapping strategy, Global warming, dan Concept understanding


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.