Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Teknik Mind Mapping pada Materi Elastisitas Kelas X SMA Negeri 1 Gedangan

MASADAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X SMA pada materi elastisitas setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan teknik mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan desain pretest and posttest group design yang menggunakan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Gedangan yang berjumlah 4 kelas. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas untuk penentuan sampel, digunakan 3 kelas yang sudah terdistribusi normal dan homogen yaitu kelas X-MIA 1, X-MIA 2, dan X-MIA 4. Berdasarkan analisis uji t-signifikasi dan skor gain ternormalisasi, hasil belajar siswa pada ketiga kelas replikasi mengalami peningkatan yang signifikan dengan kategori tinggi. Siswa yang mendapat nilai mind map tinggi cenderung mendapat hasil post-test yang tinggi. Sebaliknya, siswa yang mendapat nilai mind map rendah cenderung mendapat hasil post-test yang rendah juga. Keterlaksanaan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan teknik mind mapping memperoleh nilai rata-rata dengan kategori sangat baik dan respons siswa dari ketiga kelas juga menunjukkan persentase tinggi dengan kriteria baik.


 


Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), mind mapping


 


Abstract


This study is aimed to describe the learning result of X grade students of SMA Negeri 1 Gedangan after the implementation of Contextual Teaching and Learning (CTL) approach with Mind Mapping technique. This is a pre-experimental research with both pre-test and post-test group design using 1 class as experiment and 2 classes as replication. The research subjects are the four X grade classes students of SMA Negeri 1 Gedangan. After conducting the normality and homogeinity test for choosing the research subjects, the researcher chose three replication class, that had been normally distributed and homogen, those are X-MIA 1, X-MIA 2, dan X-MIA 4. Based on the t-significance analysis and the normal gain score, the learning resut of the three replication class significantly improves. The students who got high score in Mind Mapping got high score in the post-test as well, and vice versa. The implementation of Contextual Teaching and Learning (CTL) approach with Mind Mapping technique, in conclusion, results high level in the students’ mean score. Besides, the implementation is responded positively by the students, as shown in the response percentage.


 


Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL) approach, Mind Mapping


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.