MANAJEMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM INTERNATIONAL BACCALAUREATE PRIMARY YEARS PROGRAMME DI SD CIPUTRA SURABAYA

CI HADI PURNOMO

Abstract


Proses manajemen pendidikan di dalam sekolah memiliki peranan yang amat vital agar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien, karena bagaimanapun sekolah merupakan suatu sistem yang didalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola dengan baik dan tertib. Satu diantara hal vital tersebut adalah pengelolaan kurikulum. Prinsip dasar dari pengelolaan kurikulum ini adalah berusaha agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) perencanaan pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya; (2) pelaksanaan pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya; (3) evaluasi pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya secara umum meliputi : (a) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan strategi collaborative planning; (b) Semua guru terlibat dalam menetapkan central idea kurikulum, mendiskusikan bagaimana cara terbaik untuk membawa inkuiri ke dalam ide tersebut di kelas serta menemukan cara memenuhi kebutuhan dan kepentingan setiap siswa; (c) Perencanaan dilaksanakan dalam tiga tahap; (d) Semua pihak dapat dilibatkan dalam proses perencanaan; (2) Pelaksanaan pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya secara umum meliputi : (a) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri; (b) Tahap melaksanakan pembelajaran secara umum harus memiliki Tuning in, finding out, reflection dan taking action; (c) Aktifitas pembelajaran yang dilakukan harus berpusat kepada siswa dan dilaksanakan secara transdisipliner; (3) Evaluasi pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya secara umum meliputi : (a) Jenis penilaian yang dilakukan ada dua, yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif; (b) Alat dan strategi penilaian yang digunakan masing-masing ada lima macam; (c) Ada tiga konferensi yang wajib diselenggarakan di IB PYP; (d) Standar penilaian akhir menggunakan skala yang terdiri dari empat komponen.Kata kunci : Kurikulum International Baccalaureate, Pembelajaran inkuiri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.