PROGRAM BUILDING LEARNING POWER DALAM MENGUPAYAKAN MUTU SEKOLAHDI SMP NEGERI 1 SIDOARJO

DEWI WULANSARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) pelaksanaan pembangunan kapasitas belajar dalam pembelajaran 2) nilai-nilai yang diterapkan dan 3) komitmen guru dalam pelaksanaan program Building Learning Power. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembangunan kapasitas belajar siswa dalam pembelajaran yang berhubungan erat dengan interaksi yang dilakukan antara guru dan siswa serta strategi yang digunakan, 2) nilai-nilai karakter yang diterapkan yakni Devout, Resilence, Reciprocity, Reflectiveness, dan Resourcefulness, 3) Komitmen guru bisa dilihat ketika guru memberikan perhatian kepada siswa dan saat guru menyampaikan pelaporan hasil prestasi siswa kepada walimurid. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan secara rutin untuk mengembangkan kemampuan guru dalam membantu para siswa untuk meningkatkan kapasitas belajarnya sehingga mampu meningkatkan prestasi siswa yang secara otomatis akan menghasilkan mutu sekolah yang diharapkan.Kata kunci : program building learning power, mutu sekolah, kapasitas belajar, nilai, komitmen guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.