PELAKSANAAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH(Studi Kasus di SD Kristen Anak Panah Surabaya)

YUNING SWASTITI

Abstract


Sekolah memiliki berbagai macam cara untuk mempromosikan sekolahnya, sehingga sekolah tersebut memiliki ciri khas tersendiri dan itu juga menjadi poin penting dalam memajukan kualitas dari sekolah. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Proses membangun citra di SD Kristen Anak Panah Surabaya, (2) Pelaksanaan hubungan masyarakat di SD Kristen Anak Panah Surabaya, (a) Media-media yang digunakan dalam pelaksanaan hubungan masyarakat di SD Kristen Anak Panah Surabaya, (b) Usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan pelaksanaan hubungan masyarakat dalam membangun citra sekolah di SD Kristen Anak Panah SurabayaPendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan penelitian menggunakan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara terstruktur, (2) observasi partisipasipasif, dan (3) studi dokumentasi. Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik keabsahan data menggunakan reduksidata, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian di lapangan mengenai pelaksanaan hubungan masyarakat dalam membangun citra sekolah (studi kasus di SD Kristen Anak Panah Surabaya) dapat dijelaskan sebagai berikut (1) proses membangun citra di SD Kristen Anak Panah Surabaya lebih difokuskan pada peningkatan kualitas sekolah, (2) Pelaksanaan hubungan masyarakat dalam membangun citra sekolah, menggunakan media program sekolah seperti pelaksanaan Creative Writing Program, Reading Challenge Program, dan Anak Asuh. Usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan pelaksanaan hubungan masyarakat dalam membangun citra sekolah di SD Kristen Anak Panah Surabaya dengan mengembangkan program tersebut dan lebih menarik perhatian peserta didik dalam mengikuti program Creative Writing Program dan Reading Challenge Program.Kata Kunci:Pelaksanaan Hubungan Masyarakat, Citra Sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.