Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa di SMP IT At-Taqwa Surabaya

Zahro Dwi Muti'ah, muhamad Sholeh

Abstract


Sistem full day school merupakan salah satu sistem yang dapat mendorong peningkatan motivasi belajar dan pembentukan karakter siswa di sekolah, karena pembelajaran dapat dilakukan dengan waktu yang lebih lama. Namun, melalui wawancara yang dilakukan dengan beberapa guru dan siswa di SMP IT At-Taqwa Surabaya masih ditemui beberapa pendapat yang kontra terhadap sistem ini. Kenyataannya, berbagai keuntungan yang didapatkan melalui penerapan sistem full day school masih belum dapat menghilangkan beberapa pendapat kontra tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sistem Full Day School terhadap Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa di SMP IT At-Taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian sejumlah 171 siswa dari populasi berjumlah 300 siswa. Data dianalisis menggunakan program SPSS Versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis data pada uji T maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, artinya variabel full day school (X) berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa (Y1) dengan nilai Thitung 6,329 > Ttabel 1,974185 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, serta variabel full day school (X) berpengaruh terhadap variabel pembentukan karakter siswa (Y2) dengan nilai Thitung 9,477 > Ttabel 1,974185 dan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Sistem full day school di SMP IT At-Taqwa Surabaya dalam kategori baik dengan persentase 89,9%, motivasi belajar siswa dalam kategori baik dengan persentase 75,3%, dan pembentukan karakter siswa dalam kategori baik dengan persentase 87,7%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.