Evaluasi Supervisi Akademik Dalam Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Pada Program Keahlian Perbankan di SMK Negeri 1 Jombang

Fitria Krisdayati, Nunuk Hariyati

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan  merupakan pendidikan menengah atas yang membekali siswa akan kompetensi dan keahlian dalam bidang tertentu yang ditekuninya sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia  yang  produktif dan mandiri. Kendala bagi penyelenggaraan pendidikan kejuruan yaitu banyaknya alumni SMK yang belum terserap kerja dikarenakan kemampuan yang dimiliki siswa belum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Alternatif keterserapan kerja alumni sekolah kejuruan di Du/Di ialah pelaksanaan pembelajaran teaching factory. Pembelajaran tersebut akan menghasilkan lulusan yang berkompeten serta keterkaitan dan ketersepan dengan kebutuhan pasar. Program teaching  factory mampu menjembatani kerjasama antara sekolah dengan dunia kerja maupun lembaga pemerintah program kerjasama tersebut mampu mempersiapkan alumni dalam bersaing di dunia kerja. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1)  Konteks dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang (2) Masukan dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang (3) Proses dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang (4) Produk/Hasil  dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji transferbilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1)  Konteks dalam pelaksanaanya yakni kompetensi guru, kesiapan guru, kesiapan supervisor, kelengkapan dokumen, penyusunan instrument penilaian, sosialisasi pelaksanaan supervisi akademik (2) Masukan dalam  pelaksanaanya yakni perencanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, sarana dan prasarana, persyaratan menjadi supervisor, kesiapan media pembelajaran guru mata pelajaran layanan perbankan pada kegiatan supervisi akademik, pola pembelajaran training berdasarkan prosedur kerja dalam pembelajaran, intake peserta didik program keahlian perbankan mata pelajaran layanan perbankan, dukungan anggaran untuk mendukung implementasi pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory (3) Proses dalam pelaksanaanya yakni pengaruh pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada mata pelajaran layanan perbankan, mekanisme pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, tolok ukur keberhasilan pelaksanaan supervisi akademik pada mata pelajaran layanan perbankan, langkah langkah pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, intensitas pelaksanaan supervisi akademik (4) Produk/hasil dalam pelaksanaanya yakni hasil/produk dalam pelaksanaan supervisi akademik, tolok ukur pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, hasil evaluasi pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, kualitas program pembelajaran, peningkatan profesionalitas guru dan motivasi guru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.