PELAKSANAAN LAYANAN KHUSUS KANTIN DI SMP NEGERI 1 DIWEK JOMBANG

MEGA SUTEKI

Abstract


 


Kantin merupakan pelayanan khusus yang menyediakan makanan dan minuman untuk para siswa dan staf sekolah lainnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai pelaksanaan layanan khusus kantin, faktor pendukung, faktor penghambat dan upaya untuk mengatasi faktor penghambat layanan khusus kantin di SMP Negeri 1 Diwek Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik wawancara mendalam; (2) observasi partisipasi pasif; dan (3) dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan layanan khusus kantin di SMP Negeri 1 Diwek mengacu pada pedoman pelaksanaan layanan harian kantin yang berisi rincian program yang harus dilaksanakan di kantin sekolah; (2) Faktor pendukung layanan kantin yakni kepala sekolah yang berperan memberikan bimbingan kepada guru dan siswa, guru yang berperan mendampingi dan memberikan contoh mengenai pola makan yang sehat kepada siswa, serta siswa yang mau saling mengingatkan satu sama lain untuk menjaga terlaksananya kantin yang sehat, dan Puskesmas yang memberikan himbauan dan penyuluhan berkala ke sekolah mengenai pola hidup sehat; (3) faktor penghambat layanan kantin yakni pedagang dari luar sekolah yang menjajakan makanan yang belum dapat diketahui tingkat keamanannya dan siswa baru yang belum dapat menyesuaikan diri dengan pola makan yang diajarkan di sekolah; (4) Upaya sekolah dalam mengatasi hambatan yang muncul yakni pencegahan berupa pemberian bimbingan dan bekal pengetahuan mengenai pola makan yang sehat.
Kata kunci : pelaksanaan, layanan khusus kantin


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.