PENGEMBANGAN MODUL SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS X RPL SMK NEGERI 2 SURABAYA

ACHMAD RIFAI, SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract


Berdasarkan pengamatan saat melaksanakan program pengelolaan pembelajaran proses belajar mengajar masih menggunakan model ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan modul pembelajaran berdasarkan Numbered Head Together (NHT) untuk mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dengan penerapan modul pembelajaran berbasis Numbered Heads Together (NHT). Metode penelitian mengggunakan jenis eksperiman dengan true experimental design dalam bentuk posttest only control design. Metode ini menggunakan dua kelompok sampel dipilih secara acak. Kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan modul pembelajaran, sedangkan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa modul pembelajaran dengan pendekatan numbered heads together. Setelah pemberian perlakuan berupa modul pembelajaran dengan pendekatan numbered heads together, kedua kelompok akan diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar dari masing-masing kelompok. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul mendapatkan kategori sangat valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul valid digunakan untuk penelitian. Hasil uji hipotesis, menolak H0 menerima H1 dimana ada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan modul pembelajaran berdasarkan numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Modul Pembelajaran, Numbered Heads Together


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.