PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

AHMAD NIZAR, YENI ANISTYASARI

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Active Learning dengan bantuan fitur Activity wizard pada Cisco Packet Tracer dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah tanpa Activity wizard. Serta untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Bojonegoro pada kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Experimental Design, dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari Uji T diketahui kelompok kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata sebesar 84,91 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 79.62. Selain itu juga diperoleh nilai P-Value sebesar 0.001. Nilai ini kurang dari taraf signifikasi sebesar α = 0.05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dimana hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Active Learning berbasis activity wizard lebih baik dibanding dengan metode pembelajaran berbasis masalah tanpa activity wizard. Sedangkan dari hasil uji korelasi keaktifan siswa terhadap hasil belajar diperoleh P-Value sebesar 0.001, nilai ini kurang dari taraf signifikasi sebesar α = 0.05 yang berarti terdapat pengaruh positif antara keaktifan siswa dan hasil belajar. Selain itu dari analisis angket penelitian ini diketahui siswa memiliki motivasi yang tinggi yakni sebesar 86% dan kepuasan sebesar 87% terhadap metode pembelajaran Active Learning berbasis activity wizard yang diterapkan.

Kata kunci: Metode pembelajaran, Active Learning, Activity wizard, hasil belajar.


Abstract

The purpose of this research is to fid out difference student learning outcomes on computer and basic network course between classes that use Active Learning methodologies with the help of the feature Activity wizard on Cisco Packet Tracer and class that implements the methods of problem-based learning without Activity wizard. And to find out whether a relationship between student activity towards learning outcomes. This research was conducted at SMKN 2 Bojonegoro in class XI TKJ 1 and XI TKJ 2. This research uses Quasi Experimental Design approach, the research design used is the Nonequivalent Control Group Design.

Based on results of the research obtained from T-Test, experimental group classes get an average of 84.91 and average score of control class is 79.62. It also retrieved the value of the P-Value is 0.001. This value is less than the significance level of α = 0.05, so the conclusion can be drawn that H0 is rejected and the H1 is accepted. Thus there is a significant difference in the results of learning where students learning outcomes using the methods of activity learning with activity wizard better than the problem-based learning methods without the activity wizard. While the results of the student activity and learning outcomes correlation test obtained P-Value of 0.001, this value is less than the significance level of α = 0.05, which means there is a positive influence between student activity and learning outcomes. In addition to this research from analysis questionnaire known students have a high motivation to wit of 86% and 87% of satisfaction towards the Active Learning methods with activity wizard that is applied.

Keywords: Learning methodologies, Active Learning, Activity wizard, learning outcomes.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.