Pengaruh Hasil Belajar Siswa Menggunakan Exciting Animation Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMKN 1 Driyorejo

RAFIQ ASMAWI, SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract


Abstrak

Media khususnya dalam dunia Pendidikan mempunyai fungsi untuk membantu menunjang pemahaman siswa dalam menyampaikan materi. Pada penelitian ini, peneliti membuat media pembelajaran Exciting Animation untuk digunakan guru mata pelajaran sistem komputer sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi. Sasaran untuk di teliti merupakan peserta didik dikelas X multimedia di SMK Negeri 1 Driyorejo dengan jumlah siswa 33 orang.

Penelitian ini menggunakan model ADDIE dan Teknik dalam penelitian ini untuk mengumpulan data penilis mengambil dengan cara memakai angket. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami lebih memahami materi pada pelajaran sistem komputer. Maka dari itu, peneliti membuat media pembelajaran Exciting Animation dimana media ini berisi materi dalam bentuk video animasi dan kuis untuk evaluasi belajar siswa.

Sejak belum menggunakan media yang dibuat oleh penulis, presentase ketuntasan siswa sebesar 45% dan setelah menggunakan perangkat pembelajaran ini, presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 79% dan siswa yang tidak tuntas dalam satu kelas sebanyak 7 orang dengan total siswa 33 orang. Maka dengan adanya media pembelajaran Exciting Animation ini hasil belajar siswa meningkat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.