PENERAPAN SISTEM ASESMEN TUGAS PADA MATA KULIAH ANIMASI PRODI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

RIDHO AFRIANDA, SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk atau sistem yang berbasis sistem asesmen yang layak digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Selain itu peneliti ini juga bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap sistem asesmen tugas pada mata kuliah teknik animasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall. Tahapan dari waterfall adalah (1) communication, (2) Planning, (3) Modelling, (4) Construction, (5) Deployments. Metode yang digunakan didalam sistem sistem asesmen tugas adalah Metode LSA(Latent Sematic Analysis) dengan langkah utama (1)Penciptaan masukan matrix, (2) SVD, (3) Kalimat pilihan : pembobotan. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah (1) kelayakan media dengan menunjukan nilai persentase sebesar 82%, (2) kelayakan materi menunjukan persentase sebesar 67,30%, (3) Angket respon mahasiswa menunjukan persentase sebesar 67,93% dengan klasifikasi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem asesmen tugas pada mata kuliah teknik animasi layak digunakan dan mendapat respons yang baik dari mahasiswa.

Kata kunci : Metode waterfall, Metode LSA, Sistem Asesmen Tugas, respon mahasiswa

Abstract

This research aims to produce a product or system-based systems a proper assessment is used to support teaching and learning. In addition to these researchers also aims to find out students response to the assessment tasks in the course of engineering animation. Research methods used in this study is the method waterfall. Stages of the waterfall is (1) communication, (2) Planning, Modelling (3), (4) Construction, (5) Deployments. The methods used in the system task assessment system is a method of LSA (Latent Sematic Analysis) with the main steps (1) creation of the input matrix SVD, (2), (3) the sentence options: weighting. The research results obtained in this study are (1) the feasibility of media showed the value of percentage of 82%, (2) the appropriateness of the material shows the percentage of 67.30%, (3) the student response Now shows the percentage of 67.93% with the classification category either. So it can be concluded that the system of assessment tasks in the course of the animation technique feasibility and got a good response from students.Keywords: Waterfall Method, method of LSA, System Assessment tasks, student response

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.