Think Talk Write dengan Edublogs Sebagai Literasi Digital Bagi Siswa

Hajar Nopin Artika, Meini Sondang Sumbawati

Abstract


Literasi merupakan gerakan yang tengah diterapkan pada dunia pendidikan, literasi meliputi kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pada kurikulum 2013 kegiatan literasi wajib diterapkan pada proses belajar mengajar, dimana literasi juga dapat membantu peserta didik untuk dapat secara mudah memahami proses pembelajaran. Think Talk Write merupakan tipe pembelajaran yang ideal untuk diterapkan karena memiliki tiga proses belajar yaitu berpikir, berbicara dan menulis karena sesuai dengan tahapan kegiatan literasi. Media pembelajaran edublogs memfasilitasi siswa untuk dapat menerapkan tahapan pembelajaran Think Talk Write sekaligus menerapkan kegiatan literasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran edublogs sebagai literasi digital, untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan siswa melalui literasi digital, dan bagaimana hasil literasi digital melalui TTW dan edublogs. Proses pengumpulan data diperoleh dari wawancara dengan guru pamong, observasi, dan melalui angket respon. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental tipe One Group Pretest Posttest. Analisis data meliputi RPP, soal pilihan ganda, modul pembelajaran, angket respon dan media. Penelitian ini melalui uji normalitas dan uji t (Paired sample T-test). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Hasil validasi RPP memperoleh 91% termasuk kedalam kategori sangat valid, validasi soal pilihan ganda memperoleh 90,83% termasuk kedalam kategori sangat valid, validasi modul pembelajaran memperoleh 90,83% termasuk kedalam kategori sangat valid, validasi angket respon memperoleh 85,60% termasuk kedalam kategori sangat layak, dan validasi media memperoleh 90% termasuk kategori sangat valid. Setelah memperoleh data melalui pretest dan posttest, kemudian data diolah dengan uji Paired Sample Ttest yang menunjukkan hasil 0.000, dimana hasil tersebut lebih kecil dari nilai signifikansi yaitu 0.05. sehingga menunjukkan adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah diterapkannya Think Talk Write dengan Edublogs. Angket respon yang diperoleh juga menunjukkan hasil 72,20%, yang memiliki arti bahwa siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran Think Talk Write dengan Edublogs. Kata Kunci: Think Talk Write, Literasi, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.