Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berdasakan Gaya Belajar Siswa

MOHAMMAD KHILMI MUAAFII, YENI ANISTYASARI

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis android berdasakan gaya belajar siswa khusus pada pelajaran jaringan dasar pada materi jaringan local area network (LAN) untuk meningkat motivasi siswa dan hasil belajar siswa meningkat. Desain yang dipergunakan pada penelitian adalah quasi experimental design dan menggunakan tipe nonequivalent control group design, dengan mempergunakan pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisis intrumen pembelajaran (RPP, butir soal, kuesioner gaya belajar, angket motivasi, media). Untuk analisis hasil belajar mennggunakan analisis yaitu uji normalitas dan uji t (Paired sample T-test). Angket motivasi digunakan untuk mengukur motivasi peserta didik. Populasi yang dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X pada SMK Negeri 1 Pungging jurusan TKJ ( Teknik Komputer dan Jaringan).

Berdasarkan validasi dari ahli media, media pembelajaran ini mendapatkan presentasi sebesar 90% dan masuk dalam kategori sangat layak. Serta hasil validasi angket hasil validasi angket motivasi sebesar 88,2% dan masuk dalam katagori sangat layak. Penelitian ini di lakukan dikelas X TKJ1 dan X TKJ2 di SMA Negeri 1 Pungging, untuk melihat hasil belajar dari penelitian ini, siswa di berikan pre-test dan post-test dan untuk mengetahui motivasi siswa, siswan diberikan angket.

Hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji Paired Simple T-test didapatkan hasil 0.000 lebih kecil dari taraf signifikasi sebesar α = 0.05 sehinnga sebelum dan sesudah menggunakan media gaya belajar berbasis android menunjukkan adanya berbedaan. Hasil angket motivasi siswa sebelum di berikan di berikan media rata-rata mendapatkan nilai sebesar 70.43 sedangkan setelah diberikan media mendapatkan rata-rata sebesar 86.7, serta siswa yang mengalami peningkatan motivasi sebanyak 28 siswa dan jika di presentasekan sebesar 93.3% dan termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini dapat membuktikan bahwa dengan media pembelajaran berbasis android dengan berdasarkan gaya belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa.

Kata kunci: Android, Gaya belajar, Jaringan local area network(LAN), Hasil belajar, Motivasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.