PENGEMBANGAN E-CONTENT MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DENGAN MATERI BUSINESS MODEL CANVAS BERBASIS WEBSITE DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

RISTYAWAN KAUTSAR, SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract


Data dari Badan Pusat Statistik jumlah pengusaha di Indonesia adalah 3,4%. Meski sudah baik, jumlah tersebut masih kurang dari negara lain. Demi menambah jumlah pengusaha kemenristekdikti selalu mendorong mahasiswa Indonesia menjadi seorang wirausaha dengan berbagai program. Namun banyak faktor yang menghambat melakukan wirausaha, salah satunya adalah faktor pengetahuan. Penelitian ini mengembangkan e-content mata kuliah kewirausahaan dengan materi business model canvas berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, hasil respon mahasiswa, dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseach and Development). Penelitian yang dilakukan berupa sebuah e-content mata kuliah kewirausahaan dengan materi business model canvas berbasis website dengan fitur utama e-content pembelajaran dan pengumpulan business model canvas. Media ini diujicobakan kepada 110 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perhitungan validasi materi didapatkan persentase sebesar 84,666% (sangat baik). Validasi media pembelajaran didapatkan persentase 90,666% (sangat baik). Validasi angket respon didapatkan persentase sebesar 86% (sangat baik). (2) Persentase respon mahasiswa setelah menggunakan e-content kewirausahaan berbasis website adalah 81,274% (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-content mata kuliah kewirausahaan dengan materi business model canvas berbasis website di universitas negeri surabaya termasuk dalam kategori ‘Baik’ dan valid untuk digunakan. (3) Data nilai mahasiswa berdistribusi normal yang memiliki rata-rata nilai 84,14 dengan standar deviasi sebesar 4,13.Kata Kunci: E-Content, Website, Business Model Canvas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.