Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Dengan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar di SMKN 1 Surabaya

MUHAMAD NASIR, MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract


Hasil yang didapatkan dari survey yang telah dilaksanakan di SMKN 1 Surabaya , menurut Ibu Rodiah S,Pd mengajari Pemograman Dasar di kelas X MM memberikan informasi beliau mengajarkan memakai model konvensional yakni memeberikan pelajaran diruangan kelas. Materi yang diajarkan dengan Microsoft Powerpoint dan menggunakan perpaduan antara metode ceramah dan pembelajaran berbasis masalah. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan web learning menjadi hal yang sangatllah dibutuhkan pada lini pendidikan. Teknologi yang terus berkembang memunculkan terobosan baru dalam membantu lini pendidikan agar menjadi efisien dan hemat biaya. penelitian ini ialah memakai metode waterfall. Intrumen terdiri dari lembar observasi, angket respon, angket materi, angket media, angket soal, angket RPP, angket pretest dan posttest.menganalisis data digunakan adalah Paired Sample T-Test. Analisis angket respon yang didapatkan dari siswa menunjukan bahwa Inkuiri learning berbasis web bisa menginkatakan respon siswa dalam belajar dengan hasil yang didapat rating 95%. Hasil yang didapatkan sebelum melaksanakan pembelajaran 27,5 dan seusai pembelajaran 53,6. Menurut rata-rat nilai keduanya dihasilkan nilai sig (2-tailed) 0,200 > 0,05 memiliki arti ada yang membedakan antara nilai hasil siswa sebelum dan juga seusai pembelajaran menggunakan model inkuiri learning berbasis web. Seluruh hasil yang didapatkan penelitian ini mendapatkan nilai berbeda antara awal diajar dengan pemahaman sesuai diajar dan angket respon yang didapatkan dari siswa sehingga terdapat perbedaan respon dan capaian hasil belajar siswa atas model pembelajaran inkuri berbasis web yang telah diterapkannya.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.