Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya

IKA PUTRI PURWITASARI, RINA HARIMURTI

Abstract


ABSTRAKSI

Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis dengan metode pengembangan Research and Development oleh Sugiyono. Media pembelajaran ini berisi tentang materi, soal, dan video untuk memudahkan siswa dalam belajar, tujuan dari pembuatan media ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar siswa , dan mengetahui respon siswa terhadap media ini.

Pengujian kevalidan media pembelajaran ini di lakukan oleh para validator, menyatakan bahwa media pembelajaran ini sudah sangat layak jika ingin dipergunakan untuk pembelajaran sehari-hari, dengan mendapakan nilai sebesar 3,8 oleh validator, untuk soal juga mendapatkan nilai sebesar 3,8 sehingga dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil dari penelitian juga diketahui hasil belajar siswa melalui posttest yang telah diberikan kepada 32 siswa pada masing-masing kelas X MM1 dan X MM 2 di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa setelah menggunakan media mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu dengan rata-rata nilai 88,5 dibandingkan dengan nilai siswa menggunakan media power point dan papan tulis yaitu 82,5.

Hasil t-hitung diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan perbedaan yang signifikan rata-rata kedua kelas, maka Hipotesis di terima. Dengan demikian nilai dari kegiatan belajar siswa untuk penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif lebih baik dibandingkan nilai dari kegiatan belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.

Kata kunci: Media pembelajaran Interakif, dasar desain grafis, hasil Belajar



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.