Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Di Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya

JEFRI AZWAR ANAS, MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran M-Learning berbasis android pada mata kuliah Kecerdasan Buatan agar mahasiswa mampu belajar secara mandiri tanpa terbatas ruang dan waktu serta untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kelayakan aplikasi M-learning berbasis android pada mata kuliah Kecerdasan Buatan? (2) Bagaimana respon mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi M-learning berbasis android pada mata kuliah kecerdasan Buatan?. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development atau R&D. Sasaran penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi 2018 Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu uji validitas instrumen dan uji reliabilitas dan angket responden. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan media dan respon mahasiswa di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persentase perhitungan validasi media oleh validator ahli adalah 92,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi M-learning berbasis android termasuk dalam kategori ‘Sangat Baik’ dan layak untuk digunakan. (2) Respon mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran aplikasi M-leraning berbasis android menunjukkan hasil yang baik sebesar 79,2%.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, M-Learning berbasis android, Kecerdasan Buatan dan Kelayakan Produk.

Abstract

This research was conducted to develop an Android-based M-Learning on artificial intelligence courses so that students are able to learn independently without limited space and time and to increase student interest in learning. The formulation of the problem of this research are: (1) How is the feasibility of an Android-based M-learning application on artificial intelligence courses? (2) How do students respond to the use of the Android-based M-learning application on intelligence courses?. The research method used is Research and Development or R&D. The research objectives of this study were 2018 Information Technology Education students at the Informatics Engineering Department of Unesa. Data collection techniques used were instrument validity test and respondent questionnaire reliability test. Then the data analysis technique used is the analysis of the feasibility of the media and the results of student responses. The results showed that: (1) The percentage of calculation of media validation by expert validators was 92.5%. Thus it can be concluded that the Android-based M-learning application is included in the Very Good category and is suitable for use. (2) Student responses after using the learning media for Android-based M-learning applications showed good results with a percentage of 79.2%.


Keywords: Instructional Media, Android-based M-Learning, Artificial Intelligence and Product Feasibility.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.