PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA PLICKERS UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL DAN HASIL BELAJAR SISWA

MEITA SARI SETIYANI, MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract


Abstrak

Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat akan perkembangan. Dalam hal ini teknologi juga berperan penting dalam mempengaruhi perkembangan pendidikan. Perkembangan teknologi dan informasi dalam bidang pendidikan sangatlah pesat khususnya dalam penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara di SMKN 1 Surabaya proses pembelajaran mata pelajaran komputer dan jaringan dasar masih menggunakan model konvensional dan proses pembelajaran berpusan pada guru. Model group investigation (GI) lebih memberikan kesempatan siswa untuk aktif mencari dan menemukan gagasan-gagasan ide baru yang mereka temukan untuk selanjutnya di paparkan di depan kelas (Putra, Sudarma, & Tegeh, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat critical thinking skill dan penigkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi komputer dan jaringan dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimental tipe non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah Sampling purposive. Sampel yang digunakan adalah kelas X TKJ 1 yang berlaku sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 yang berlaku sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa angket critical thinking skill, dan soal tes yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Two Sample T-Test. Hasil angket critical thinking skill menunjukkan bahwa tingkat critical thinking skill siswa adalah sebesar 74,4%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 73,77 dan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 83,63. Berdasarkan analisis perbedaan dua rata-rata diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Model Kooperatif tipe Group Investigation, Critical Thinking Skill, Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar..

Abstract

Education is one form of human culture that is dynamic and full of development. In this case technologies are also instrumental on influencing the development of education. The development of technology and information in the field of education is very rapidly, especially in the use of learning media. Based on the results of interviews in SMKN 1 Surabaya The learning process of computer subjects and basic networks still use conventional models and the learning process of teaching teachers. The group Investigation (GI) Model gives students the opportunity to actively search for and discover ideas of new ideas that they have found for the next display in front of the class (Putra, Sudarma, & Tegeh, 2015). This research aims to find out how critical thinking skills and student learning outcomes through the implementation of Group investigation cooperative Learning models at computer materials and basic networks. The research method used in this study is the experimental Quasi-type non-equivalent control group design. The sampling technique is Sampling purposive. The sample used is class X TKJ 1 which applies as experimental class and X TKJ 2 class as the control class. The Instrument used is a critical thinking skill poll, and the test questions have been validated and tested for reliability. The data analysis technique used is Independent Two Sample T-Test. The results of the critical Thinking skill poll show that the critical thinking skill level of students is 74%. The results showed that the average value of the students learning results in the control class was 73.77 and the results of the student study of the experiment class was 83.63. Based on the analysis of the two average differences obtained by the value of sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 can be concluded that there is a difference in learning outcomes between classes that use Group investigation Cooperative learning model with a class that uses a direct learning model.

Keyword: Cooperative Model Type Group Investigation, Critical Thinking Skill, result of computer and basic network.








Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.