PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMKN 2 SURABAYA

NUR AFNI SYARIFAH, EKOHARIADI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar terstruktur yang terintegrasi dalam bentuk E-learning. Dengan bahan ajar berbasis situs ini yang akan diajarkan disampaikan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Surabaya Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Merupakan pengembangan (Penelitian dan Pengembangan). Tahap penelitian meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) pembuatan produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) penggunaan percobaan, (7) revisi produk, (8) produksi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan Kejuruan Sekolah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2018-2019, dengan sampel siswa kelas X TKJ 1 dan kelas X TKJ 2. Hasil penelitian ini dengan persentase kelayakan produk (1) Studi produk dari guru SMK Negeri 2 Surabaya dan Dosen Teknik Informatika UNESA mencapai 91,25% dengan kategori yang tepat untuk diuji pada siswa, (2) Penilaian Pertanyaan dari Dosen Teknik Informatika UNESA mencapai 78% dengan kategori yang sesuai untuk diuji pada siswa, (3) berdasarkan hasil nilai siswa di kelas X TKJ 1 dan kelas X tes anova TKJ 2 dilakukan dengan nilai Fhitung sebesar 168,181 menggunakan α = 5%, df 1 (jumlah variabel-1) = 1, dan df2 (n-2) = 70, hasil yang diperoleh Ftabel sebesar 3,98. Fhitung> Ftabel (168,181> 3,98), dapat disimpulkan bahwa tolak 𝐻0 dan terima 𝐻1 = Hasil belajar siswa yang menggunakan media yang terintegrasi pada pembelajaran berbasis situs web lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran yang terintegrasi pada situs web

Kata Kunci: Media pembelajaran Website, Pemrograman Dasar dan Uji Anova One Way


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.