PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA KULIAH SISTEM DIGITAL DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNESA

RIVI HAMDANI, MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada mata kuliah Sistem Digital pada materi gerbang logika, agar mahasiswa mampu belajar secara mandiri tanpa terbatas ruang dan waktu serta untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Berikut rumusan masalah penelitian ini: (1) bagaimana respon dari media pembelajaran gerbang logika berbasis Augmented Reality (AR) yang telah dikembangkan?; (2) bagaimana kelayakakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk matakuliah Sistem Digital materi gerbang logika?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan waterfall yang terdiri dari 4 langkah yaitu: analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Sampel penelitian ini mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Unesa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validitas dan angket respon terhadap media pembelajaran AR Sistem Digital. Kemudian untuk mengetahui kelayakan media menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah: (1) Respon mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran dengan Augmented Reality Sistem Digital menunjukkan hasil yang baik sebesar 88,75% dengan kategori “Sangat Layak”; (2) Hasil penilaian kelayakan materi oleh ahli materi mendapatkan persentase 91,07% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan persentase 91,4% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian media pembelajaran Augmented Reality Sistem Digital ini dapat digunakan dalam pembelajaran dengan kategori “Sangat Layak”.

Kata Kunci: Augmented Reality , Media Pembelajaran, Sistem Digital.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.