Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Mata Kuliah Kajian Kurikulum SMK Di Jurusan Informatika Universitas Negeri Surabaya

Andhika Puntadewa, MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract


Penelitian ini mengembangkan Aplikasi Media Pembelajaran untuk membantu memberikan inovasi media atau sarana baru untuk proses pembelajaran mata kuliah Kajian Kurikulum SMK, serta diharapkan dapat membantu para peserta didik agar lebih memahami materi selama proses pembelajaran. Rumusan Masalah pada penelitian ini diantaranya : (1) Bagaimana Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Game pada mata kuliah Kajian Kurikulum SMK, dan (2) bagaimana Respon Mahasiswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Mata kuliah Kajian Kurikulum SMK.

Dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall. Sampel penelitian pada dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) yang mengikuti mata kuliah Kajian Kurikulum SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi media pembelajaran dan angket siswa terhadap media pembelajaran. Lalu, teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kelayakan media dan respon mahasiswa. Berikut hasil yang telah didapatkan dalam penelitian ini diantaranya : (1) Hasil dari validasi media pembelajaran diperoleh 78,666%, yang berarti “Baik”, dan (2) Respon siswa terhadap media berbasis game memperoleh presentase 80,175%, yang dinyatakan “Baik” untuk pembelajaran.

Kata Kunci : Aplikasi, Media Pembelajaran, Game.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.