PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 1 MOJOKERTO

HANANTA AGUSTIAR ZHELMICO, SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengembangkan media dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga menjadi media yang menarik dan dapat menaikkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Multimedia Interaktif adalah media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berbentuk media untuk PC/Komputer. Multimedia interaktif ini berisikan materi pembelajaran khususnya fungsi dan unsur warna pada mata pelajaran dasar desain grafis. Adapun fitur multimedia interaktif berisi kompetensi Dasar, materi, video dan soal latihan. Media Multimedia interaktif ini berbentuk aplikasi yang bisa digunakan menggunakan PC/Komputer baik disekolah maupun dirumah masing-masing siswa.

Validasi dari ahli media menunjukkan angka presentase sebesar 87,17%. Sehingga media masuk dalam kategori sangat layak digunakan. Untuk angket respon penggunaan multimedia interaktif memperoleh presentase sebesar 75,33% yang akan diberikan kepada siswa. Peneliti melakukan penelitian di SMK Negeri 1 Mojokerto pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang terdiri dari 34 siswa. Siswa tersebut mengerjakan pre-test yang dibagikan dimulainya pembelajaran dan post-test setelah pembelajaran selesai untuk memperoleh dan mengetahui hasil belajar dari penelitian ini.

Setelah menggunakan media multimedia interaktif diperoleh hasil yaitu adanya peningkatan terhadap nilai siswa. Dari nilai post-test memperoleh rata-rata nilai lebih tinggi yaitu 79,5% dibandingkan rata-rata hasil belajar sebelumnya sejumlah 72,5%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media Multimedia Interaktif pada mata pelajaran desain grafis.

Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Desain Grafis, Hasil Belajar, Respon Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.