PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KJKS KUM3 RAHMAD SURABAYA

ERNI DHARMAWATI, SRI ABIDAH SURYANINGSIH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota KJKS KUM3 Rahmat Surabaya, untuk mengukur kualitas layanan syariah menggunakan Compliances with Is Hukum Islam yang dikenal dengan nama CARTER (Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Emphaty, dan Responsiveness). Jenis penelitian ini adalah asosiatif kasual dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Anggota KJKS KUM3 Rahmat Surabaya. Sampel pada penelitian ini sejumlah 89 anggota KJKS KUM3 Rahmat Surabaya, yang dipilih menggunakan metode Nonprobability sampling dengan menggunakan teknik pengambilan Sampling Purposive. Data dianalisis dengan melakukan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan variabel Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota KJKS KUM3 Rahmat Surabaya. Variabel kualitas pelayanan mempunyai nilai Thitung sebesar 8.710 dan didukung dengan nilai Sig sebesar 0,00 yang mana jika nilai sig lebih kecil dari 0,05 dapat dikatakan memiliki pengaruh signifikan.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota, Koperasi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tool Reference

Plagiarisme 

 

 View My Stats

 

 Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam Terindeks oleh:

 

Alamat Redaksi:

Gedung G7 Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei

email:jurnalekis@unesa.ac.id

Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International