PENGARUH BAURAN PEMASARAN BANK TERHADAP LOYALITAS NASABAH (BTN SYARIAH KC SURABAYA)

AMINA TUZ ZUHRIA, MOCH. KHOIRUL ANWAR

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel bauran pemasaran bank terhadap loyalitas nasabah pada BTN Syariah Kc Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan kuisioner yang disebar pada responden. Jumlah sampel (responden) dalam penelitian ini yakni 100 nasabah dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan model statistik regresi sederhana. Data diolah menggunakan uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik dan uji statistik. Dari hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran Bank berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai pengaruh sebesar 13,6% dan terbukti t hitung (3,395) lebih besar dari (>) t tabel (1,987), sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi Bauran Pemasaran Bank maka semakin tingi pula loyalitas nasabah BTN Syariah Kc Surabaya.

Kata kunci: Bauran pemasaran, Loyalitas nasabah, Perbankan syariah.

Abstract

The purpose of this study is to know how the influence of marketing mix variables of the bank on customer loyalty at BTN Syariah Kc Surabaya. This research is quantitative research. Methods of data collection used questionnaires distributed to respondents. The number of samples (respondents) in this research that is 100 customers selected by purposive sampling technique. Data analysis used a simple regression statistic model. The data were processed using the test of reliability, validity test, classical assumption test and statistical test. From result of data processing show that Marketing Mix of Bank have positive and significant influence to customer loyalty with influence value 13,6% and proven t count (3,395) bigger than (>) t table (1,987), so it can be concluded that the higher Marketing Mix of the Bank, the higher the loyalty of customers at BTN Syariah Kc Surabaya.

Keyword: Marketing mix, Customer loyalty, Syariah finance.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tool Reference

Plagiarisme 

 

 View My Stats

 

 Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam Terindeks oleh:

 

Alamat Redaksi:

Gedung G7 Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei

email:jurnalekis@unesa.ac.id

Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International