Analisis Performa Load Balancing Algoritma Weighted Round Robin di Infrastruktur BPBD Provinsi Jawa Timur

Molion Surya Pradana, Aditya Prapanca

Abstract


AbstrakBencana alam terus terjadi dengan waktu kejadian yang tidak dapat diprediksi. Pada saat bencana terjadi seluruh masyarakat ingin mendapatkan informasi yang benar dan akurat. Sumber informasi tersebut dapat diperoleh pada website lembaga pemerintahan non-departemen yang bergerak di bidang social yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

Meningkatnya jumlah pengunjung setiap tahun pada website BPBD Jatim membuat kondisi web server akan overload sehingga tidak semua orang dapat mengakses website untuk mencari informasi. Untuk menghindari hal tersebut, dengan memasang aplikasi load balancer pada web server dapat menambah performa web server menjadi lebih cepat dan semua request yang masuk akan terkelola dengan baik.

Dari hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa Algoritma weighted round robin dengan rasio (2:3) yang terpasang pada load balancer dapat membantu meningkatkan performa parameter Troughput sebanyak 113 KB/s, dan Request error sebanyak 986 client pada web server yang belum menggunakan load balancer.

Kata Kunci— Bencana alam, BPBD, Overload, Load Balancer, Web Server, Weighted Round Robin.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.