Analisis Pemilihan Aplikasi Opensource ERP terhadap UKM Menggunakan Metode Kombinasi ANP dan PROMETHEE

Miftakhul Alief Faturrahman, Wiyli Yustanti

Abstract


Abstrak— Untuk melakukan pertimbangan dalam pengembangan proses bisnis dari UKM, maka perlu dilakukan penerapan aplikasi ERP. Pada saat ini semakin banyak vendor aplikasi ERP, baik yang opensource maupun berlisensi. Agar meminimalisir resiko implementasi ERP, penulis menggunakan aplikasi ERP yang bersifat opensource. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk (1) membantu UKM dalam memilih software opensource ERP yang tepat, (2) sebagai pertimbangan bagi UKM dalam pengembangan proses bisnis dan teknologi informasinya.

Penelitian ini menggunakan metode Analytical Network Process dan Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation. Metode ANP digunakan untuk mendapatkan bobot dari subkriteria dan Metode PROMETHEE digunakan untuk mendapatkan ranking prioritas dari alternatif aplikasi opensource ERP yang didasarkan oleh informasi yang didapatkan dari sejumlah UKM yang berpartisipasi dalam penelititan ini.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini berhasil mendapatkan 3 top kriteria atau kriteria yang mempunyai bobot tertinggi antara lain (1) Brand Image 15.20% (2) Market Position 13.70% (3) References 12.52% serta hasil akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan peringkat alternatif aplikasi opensource ERP yang terbaik yaitu (1) Openbravo (2) Odoo (3) WebERP

 

Kata Kunci— UKM, Opensource ERP, ANP, PROMETHEE, MCDA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.