PENGEMBANGAN MODUL PENULISAN NASKAH VIDEO PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO UNTUK MAHASISWA S-1 PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNESA

SATRIA TRIWIBOWO A

Abstract


Progam Studi S-1 Teknologi Pendidikan FIP UNESA merupakan suatu disiplin ilmu yang menerapkan pembelajaran pendekatan teori dan praktek. Salah satu matakuliah praktek/produksi yaitu pengembangan media video, data yang diperoleh bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam menulis naskah video dan mahasiswa membutuhkan sebuah pedoman untuk mendalami materi secara mandiri agar dapat mengekplorasi pengetahuan yang di dapat didalam kelas. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media modul penulisan naskah video dan mengukur kelayakan media modul pada Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan FIP UNESA. Pengembangan ini menggunakan model instruksional Dick & Carey yang dalam wujud instruksionalnya berupa modul yang dikembangakan telah mewakili serangkaian kegiatan instruksional. Berdasarkan data hasil validasi media yang dikumpulkan bahwa Ahli Materi 89,3%, Ahli Media 82,6%, Uji coba perorangan 80%, Uji Coba Kelompok Kecil 89%, dan Uji Coba Kelompok Besar 95,4%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media modul dinyatakan layak dan dapat membantu proses belajar mahasiswa secara mandiri


 


Kata Kunci: Pengembangan, Naskah Media Video, Mahasiswa S-1 Prodi Teknologi Pendidikan.


 


Abstract


Educational of technology departement, FIP UNESA is a diciplines science that apply the theory and practice of learning approaches. One of them practice course is devolpment video media, in this course have known that students have difficulties in writing a video script and students also need guidance to explore their own material in order to explore knowledge gained in the classroom. This development aims to produce a module script video media writing and measure the feasibility of media modules in S-1 Educational Technology departement, FIP UNESA. The development of this use the model of instructional dick & carey that by which a module developed has represent a series of activities instructional. Based on the result the validation data media is collected it can be concluded thet the Expert the Material 89,3%, Media Experts 82,6%, test individual 80%, small group trial 95,6%, and  testing a large group’s is 95%. It is concluded that the development of the media modules are feasible and can help students learn independently.


Keywords: Development, Script Of Video Media, Educational Of Technology Department’s Student.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.