PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG PELAJARAN VIDEOGRAFI KOMPETENSI DASAR GERAKAN KAMERA DAN JENIS PENGAMBILAN GAMBAR PADA KAMERA VIDEO YANG LAYAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI 2 SIDOARJO

KHOIRUL ARIFIN

Abstract


Videografi pembelajaran merupakan aplikasi beberapa media yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengembangkan media video pembelajaran untuk kompetensi dasar gerakan kamera dan jenis pengambilan gambar pada kamera video untuk kelas X SMK PGRI 2 Sidoarjo, (2) mengetahui kelayakan dan efektivitas media video ini sebagai media pembelajaran untuk kelas X SMK PGRI 2 Sidoarjo.


Melalui wawancara dengan guru pelajaran videografi di SMK PGRI 2 Sidoarjo, pengembang mendapat kesimpulan bahwa : (1) guru hanya menggunakan media modul dalam proses pembelajaran, (2) peralatan produksi video yang terbatas, (3) siswa mengalami  kesulitan  belajar dalam pemahaman materi mata pelajaran videografi kompetensi dasar gerakan kamera dan jenis pengambilan gambar pada kamera video sehingga pada saat ada tugas pembuatan video pembelajaran, gambar yang di hasilkan sering tidak sesuai dengan pengertian dari gerakan kamera dan jenis pengambilan gambar yang benar.


 


Dari permasalahan tersebut, diperoleh sebuah alternatif untuk mengatasi masalah  tersebut yaitu pengembangan media video pembelajaran tentang mata pelajaran videografi kompetensi dasar gerakan kamera dan jenis pengambilan gambar pada kamera video untuk kelas X SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jenis data yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil wawancara dengan ahli materi dan ahli media memperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran ini termasuk dalam kategori baik. Hasil uji coba kelayakan media yang telah dilakukan kepada : (1) uji coba perorangan termasuk dalam kategori baik sekali dengan kriteria 3,21 , (2) uji coba kelompok kecil termasuk dalam kategori baik sekali dengan kriteria 3,2, (3) uji coba kelompok besar termasuk dalam kategori baik sekali dengan kriteria 3,1.


Berdasarkan perhitungan hasil belajar dengan taraf signifikan 5% t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,95 > 2,021. Maka dari hasil peningkatan tersebut dapat di interpresentasikan bahwa media video pembelajaran tentang mata pelajaran videografi kompetensi gerakan kamera dan jenis pengambilan gambar pada kamera video untuk kelas X SMK PGRI 2 Sidoarjo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci: Pengembangan, media video, gerakan kamera, jenis pengambilan gambar, pembelajaran.



 



 



 



ABSTRACT


Videografi study represent the applications of some media used in course of study to channel the message and also can stimulate the mind, felling, attention and student willingness. This research target is to : (1) development media video intruction about the interest of elementary movement camera and intake type draw video camera for class X SMK PGRI 2 Sidoarjo, (2) know elegibility and this video media effectiveness as study media for the class X SMK PGRI 2 Sidoarjo.


Through interview with the teacher of lesson videografi in SMK PGRI 2 Sidoarjo, developer get the conclusion that : (1) teacher only use the module  media in course of study, (2) equipments produce the finite video, (3) student  find difficulties to learn in understanding of items elementary subject videografi interest movement camera and intake type draw at vidoe camera so the time of there duty of make of study video, picture which is in yield often disagree with congeniality from movement of camera and real correct picture intake type.


From the problem, obtained by a alternative to overcome the problem that is developmet of media video intructions about elementary subject vidoegrafi interest movement camera and intake type draw at video camera for the class X SMK PGRI 2 Sidoarjo. Data type obtained from this quantitative data. Result of interview craftily items and media expert obtain, get conclusion this study media is include in good category. Result test drive of media elegibility which have been conducted to : (1) individualness test drive is include in category veri well with the criterion 3,21, (2) small gruop test drive include in catgory very well the criterion 3,2, (3) big group test drive is include in category very well with the criterion 3,1. Pursuant to calculation result of learning with level significate 5% t count bigger than t table of that is 4,95>2,201. So from the improvement result can interpresentation that media media video intructions about subject videografi of interest movement camera and intake type draw at video camera for the class X SMK PGRI 2 Sidoarjo can improve the learn students.


Keyword : Development, media video, interest of elementary movement camera, intake type draw video camera,  intructions.





Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.