PEMANFAATAN MEDIA FLANELGRAF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA PERTIWI SURABAYA

LITA MURI RAHAYU

Abstract


Kosakata atau perbendaharaan kata adalah semua kata yang terdapat dalam suatu bahasa. Anak usia 5-6 tahun masih berfikir secara simbolis (berupa gambaran), dengan memanfaatkan media flanelgraf ini dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan anak, serta dapat menumbuhkan minat anak. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui proses pemanfaatan media flanelgraf pada anak kelompok B di TK Dharma Pertiwi Surabaya. 2. Untuk mengetahui apakah dengan memanfaatkan media flanelgraf dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada anak kelompok B di TK Dharma Pertiwi Surabaya.


Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode bercakap-cakap. Tujuannya adalah mengembangkan kecakapan dan keberanian anak dalam memberikan pendapatnya, memberi kesempatan kepada anak untuk berekspresi mengembangkan pola pikir anak, memperbaiki lafal dan ucapan, serta menambah pembendaharaan kata.


Pengumpulan data menggunakan observasi guru dan tes kepada anak. Data hasil analisis observasi guru, didapatkan rata-rata 79,17% termasuk kategori baik. Data hasil analisis rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (nilai 80) dan kelas kontrol (nilai 71,33), menunjukkan bahwa media flanelgraf lebih membantu dalam proses pembelajaran dengan perbandingan harga t kritik ts 0,05 = 2,05 dan pada ts 0,01 = 2,77. Maka, 2,05 < 2,16 < 2,77 (signifikan). Sehingga memanfaatkan media flanelgraf dapat meningkatkan penguasaan kosakata anak.


Kata Kunci : Pemanfaatan, Tujuan Pemanfaatan, Media flanelgraf, Kosakata


 


Abstract


Vocabularies are all the words contained in a language. Children aged 5-6 years still think symbolically (in the form of picture), to take advantage of this flanelgraph media can facilitate the understanding and strengthen the child's memory, as well as to foster the interests of children. Based on research is, 1. For the purpose of this research was to know the process media utilization on children flanelgraph group B in Dharma Pertiwi kindergarten Surabaya. 2. To know whether the use of the media flanelgraph can increase the children's vocabularies in kindergarten group B Dharma Pertiwi Surabaya.


Learning methods is a method of conversation. The aim was to develop children's skills and courage in giving their opinions, it has provided opportunities for children to express themselves develop the mindset of children, improve pronunciation and speech, and increase vocabulary.


The data was collected by using teacher observation and tests to students. Data analysis of the results of observations by the teacher, the average was 79.17% included in good category. While the results of the analysis of data the average value of post test experimental class (value 80) and a control class (value 71.33), indicating that the media flanelgraph more help in the learning process with a price comparison t critic ts  0:05 = 2.05 and at ts 0.01 = 2.77. Then, 2.05 <2.16 <2.77 (significant). So the take advantage of this flanelgraph media including child can increase vocabulary.


Keywords: Utilization,Utilization Goals, Flanelgraph Media, Vocabulary


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.