PEMANFAATAN MEDIA DIORAMA BERAUDIO PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KELAS 5 SEKOLAH DASAR SUMOKEMBANGSRI II DI SIDOARJO

ARYA RIZKI PRASETYA

Abstract


Media tiga dimensi merupakan media yang memberikan respon secara nyata terhadap hasil belajar. Media tiga dimensi memiliki beberapa kategori kategori seperti penampang, diorama, model, dan mock-up. Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan materi yang bersifat mendengarkan dan berisi materi yang hanya terlihat secara lisan atau tertulis. Media diorama merupakan media yang mampu memberikan penjelasan secara nyata berbentuk tiga dimensi. Pemanfaatan media diorama dapat diterapkan dalam siswa kelas dasar.  Berdasarkan hasil penelitian di SDN Sumokembangsri II Balongbendo Sidoarjo salah satu masalah pada SD terletak pada kelas 5 materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Siswa kurang mampu menangkap secara jelas materi yang disajikan. Siswa membutuhkan media diorama yang mampu menggambarkan secara jelas peristiwa Kemerdekaan Indonesia dan dapat meningkatkan hasil belajar.


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan media sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas 5 SDN II Sumokembangsri II Balongbendo Sidoarjo. Pola pembelajarn dengan menggunakan pola yang dikemukakan oleh oleh Morris. Pola pembelajaran IV Morris membantu ssiswa mudah dalam menggunakan media dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru dengan metodenya.


Pemanfaatan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes yang dilakukan dilapangan terdapat hasil yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Diorama Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hasil yang signifikan kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih baik daripada kelas kontrol.


 


 


Kata Kunci : Pemanfaatan, Media Diorama, Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.