PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN FISIKA TENTANG MENERAPKAN PRINSIP KERJA PERALATAN OPTIK UNTUK SISWA KELAS XI DI SMKN 1 LABANG

ANITA WINDASARI

Abstract


Media Computer Assisted Instruction (CAI) yaitu media yang menggunakan teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis microprosesor. Penggunaan media ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran karena keterbatasan waktu, tempat dan benda, sehingga memudahkan siswa dan guru menyampaikan materi, menjadikan pembelajaran lebih menarik, dapat mengefektifkan waktu, serta meningkatkan hasil belajar siswa.


Model pengembangan ini menggunakan model pengembangan Research and Development “R&D” menurut  Sugiyono, karena pada penelitian pengembangan ini nantinya akan menghasilkan suatu produk berupa CD Pembelajaran Fisika dan media yang telah diproduksi diuji kefektifannya. Data yang dikumpulkan menggunakan metode : (1) Wawancara ahli materi dan ahli media (2) angket respon siswa (3) soal tes siswa


Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) data kualitatif hasil wawancara, diketahui bahwa tingkat kelayakan media berdasarkan ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa media yang diproduksi dikategorikan “Sangat Baik”, (2) data kuantitatif hasil angket siswa yang diperoleh nilai uji coba perorangan 82,4%, uji coba kelompok kecil 84,6%, dan uji coba kelompok besar 83,3%, serta (3) hasil uji pre-test dan post-test menggunakan uji-t diketahui 1,67<2,66. Berdasarkan hasil perhitungan dengan harga ts0,05, maka db=56 sehingga diperoleh t.tabel=2,66. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Computer Assisted Instruction mata pelajaran fisika tentang prinsip kerja peralatam optik layak digunakan dengan kualitas sangat baik serta efektif sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI di SMKN 1 Labang.


Kata Kunci : Pengembangan, CAI


 


Abstract


Media Computer Assisted Instruction (CAI) is a media that use computer-based technology is a way of producing or delivering materials by using the resources based microprocessors. The use of the media aims to overcome the problems that arise in the learning process because of the limitations of time, space and matter, so allows students and teachers to communicate the material, make learning more interesting, can streamline time, and improve student learning outcomes.


This development model using the model development Research and Development "R&D" from Sugiyono, because the development of this research will produce a product in the form of CD Learning Physics and media that has produced tested its effectiveness. Data were collected using the method: (1) Interview matter experts and media experts (2) The student questionnaire responses (3) questions test students


The results showed that : (1) qualitative data on the interview, it is known that the feasibility of the media by media specialists and experts stated that the media material produced categorized as "Very Good", (2) quantitative data student questionnaire results obtained value of individual testing 82,4% (Very Good), test a small group 84,6% (Very Good), and testing of a large group 83,3% (Very Good), and (3) test results of pre-test and post-test using t-test known 1,67<2,66. Based on calculations by price ts0,05, then db=56 thus obtained t.tabel=2,66. So it can be concluded that the media Computer Assisted Instruction (CAI) on physics lesson about applying the job principle of optic tools used with very good quality as well as effective as a medium of learning for students of class XI in SMKN 1 Labang.


Key Word :  Development, CAI


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.