PENGEMBANGAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP  KELAS IV SEKOLAH DASAR NGABETAN CERME

WULANDARI

Abstract


Media sangat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa pada saat proses pembelajaran. Dengan bantuan sebuah media dapat mewakili guru untuk menyampaikan materi yang selama proses belajar mengajar menggunakan media papan tulis. Dimana siswa akan cepat merasa bosan dan jenuh yang tidak bisa mereka tahan, disebabkan penjelasan guru yang tidak dapat dicerna atau tidak dipahami dan tidak bisa menarik perhatian siswa sehingga siswa ramai saat guru menyampaikan materi.


Pengembangan ini menggunakan model R&D oleh sugiyono, model ini dipilih karena memiliki langkah-langkah pengembangan yang sistematis dan mudah untuk diterapkan pada saat pelaksanaan penelitian. Model ini memiliki sepuluh tahap yang lengkap untuk kebutuhan pengembangan sehingga untuk menghasilkan sebuah produk atau media yang efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.


Pengembangan ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji coba validasi kelayakan media flip chart metamorfosis kupu-kupu oleh ahli materi I dengan 91.6 dengan kategori sangat baik, ahli materi II dengan 93.7 dengan kategori sangat baik, ahli media I dengan 78.3 dengn kategori baik, ahli media II dengan 83.3 dengan kategori angat baik, angket siswa dengan 94.1 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil belajar siswa pada saat menggunakan media flip chart diperoleh d.b = N-1 = 43-1 = 42 dengan taraf 5% (2.02) dan thitung  adalah 8.11 apabila ttabel < thitung, maka 2.02 < 8.11. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media flip chart materi metamorfosis kupu-kupu terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngabetan Kab. Gresik.


Kata kunci :  Pengembangan, Media Flip Chart, metamorfosis.


 


ABSTRAC


Media really help teacher in pass on material to student upon processes learning. With help one media gets to represent teacher to pass on up to material teaching and learning process utilize blackboard media. Where is nimble will student goes against the stomach and saturated they that can't bate, caused by inconsumable teacher explanation or uncomprehended and can't noise about student so multitude student while learns to pass on material.


This development utilize model r & d. by sugiyono, this model is chosen since has orderly development steps and easy to be applied at the moment research performing. This model has ten fledged phase for development requirement so to result one product or effective and reasonable media to be utilized deep learning.


This development utilize quantitative data type and kualitatif. Test-driving result validates flip chart metamorfosis's media feasibility butterfly by an old hand at material with 91.6 by pretty good categories, an old hand at material II. by 93.7 by pretty good categories, an old hand at i. media with 78.3 dengn good categories, an old hand at media II. by 83.3 by angat's categories well, student questionnaire with 94.1 by pretty good categories. Base students learned result upon utilize flip chart's media gotten by d.b = n 1 = 43 1 = 42 by levels 5% (2. 02) and t computing are 8.11 if t table < t computing , therefore 2.02< 8. 11. so gets to be concluded that exists influence that signifikan in flip chart's media purpose metamorfosis's material butterfly to usufruct student studying brazes IV. SDN Ngabetan Kab. Gresik. 


Key word:   Development, Flip Chart's media, metamorfosis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.