PENGEMBANGAN MEDIA CAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI PENGENALAN KOSA KATA ANGGOTA TUBUH MANUSIA DALAM BENTUK TEKS DISRIPTIF BERGAMBAR SISWA KELAS I SDN MENUR PUMPUNGAN IV SURABAYA

ARIS SETYAWAN

Abstract


Abstrak


Kurangnya penguasaan teknologi pengembangan media interaktif oleh para pengajar, seringkali menjadi penyebab tidak optimalnya proses belajar mengajar di sekolah, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Salah satu sekolah yang menghadapi problem serupa adalah SDN Menur Pumpungan IV Surabaya. Di SDN Menur Pumpungan IV Surabaya, ketersediaan alat pendukung pembelajaran bermedia sangatlah mendukung, tetapi media pembelajaran yang kreatif dan inovatif masih sangat terbatas, guru cenderung menggunakan media yang masih sangat sederhana seperti modul, buku paket, dan komunikasi verbal.


SDN Menur Pumpungan IV Surabaya memiliki fasilitas proyektor pembelajaran yang memadai. Tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk proses belajar mengajar. Guru hanya menggunakan media cetak dalam proses belajar mengajar sehingga siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran karena sifat media yang terlalu verbalistik.


Dari permasalahan tersebut, diperoleh sebuah alternatif solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu pengembangan media Computer Assisted Instructional (CAI). Sasaran pengembangan yaitu siswa kelas 1 SDN Menur Pumpungan IV Surabaya. Selain menghasilkan produk, dihasilkan juga buku petunjuk pemakaian program Computer Assisted Instructional (CAI).


Kesimpulan dari pengembangan media CAI adalah meningkatnya hasil belajar siswa. Dengan bukti nilai rata-rata pre-test kelas 1 adalah (65,3) dan rata-rata post-test kelas 1 adalah (80,16). Ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test mengalami peningkatan daripada nilai rata-rata pre-test. Dalam pengujian signifikansi diperoleh t hitung (5,22) lebih besar daripada t tabel (2,042).


 


Kata kunci : pengembangan media Computer Assisted Instructional (CAI)


 


Abstract


Lack of mastery of the technology development of interactive media by teachers, often the cause of no optimal teaching and learning process in schools, so that students have difficulty in understanding the material. One of the schools that are facing similar problems is Menur Pumpungan IV elementary school of Surabaya. The availability of tools supporting media learning in Menur Pumpungan IV elementary school of Surabaya is adequate, but innovative learning media is still very limited, teachers tend to use media that is still very simple as module, book package and verbal communication.


Menur Pumpungan IV elementary school of Surabaya have adequate projector learning facilities. But yet underutilized for the teaching and learning process. Teachers just use print media in the process of teaching and learning so that students are less interested in following learning due to the nature of the media is too verbalistik.


From that problem, obtained an alternative to resolve the problem, that is the CAI media development. The target of this development is the students of Menur Pumpungan IV elementary school of Surabaya. In addition to producing products, produced also use manual computer program of instruction.


Conclusion of media development CAI is increasing student learning outcomes. With evidence of the pre-test average value of the class 1 is (65,3) and average value of the post-test is (80,16). It shows that the average value increased post-test than the average value of pre-test. In the test of significance have got that t count (5,22) bigger than t table (2,042).


 


Keyword : electronic media puzzle


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.