PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN MATERI POKOK WUJUD ZAT PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 12 GRESIK KOTA BARU

FUADILLAH ALHUMAIRA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media komputer pembelajaran materi pokok wujud zat dalam proses belajar siswa khususnya mata pelajaran Sains. Objek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 12 Gresik Kota Baru. Jumlah yang diamati terdapat 29 siswa pada kelas eksperimen dan 29 siswa pada kelas kontrol. Perlakuan kelas eksperimen menggunakan media komputer pembelajaran materi pokok wujud zat dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t hitung terhadap perbedaan hasil belajar kedua kelas tersebut setelah diberi perlakuan. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes.


Hasil analisis data dan pengujian menunjukkan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media komputer pembelajaran materi pokok wujud zat, terdapat peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan menggunakan metode ceramah. Hasil belajar siswa pada kategori baik (rata-rata 8,48) pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan. Hasil uji t pada nilai pretest dan posttest didapatkan t = 3,82 dan t kritik pada . Maka 1,68 < 3,82 sehingga memberikan peningkatan hasil belajar setelah perlakuan.


Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan media komputer pembelajaran materi pokok wujud zat lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan yang menggunakan metode ceramah pada materi pokok wujud zat mata pelajaran sains pada kelas VII SMP Muhammadiyah 12 Gresik Kota Baru. Bagi guru yang ingin meningkatkan hasil belajar untuk materi yang sejenis dapat menggunakan media komputer pembelajaran.


Kunci : Pemanfaatan, Media Komputer Pembelajaran, IPA (Sains)


 


ABSTRACT


This research has purpose to know the benefit of computer media to learning the main shape of substance in students learning process, particulary in science lesson. The objects of this research are VII grade at Junior High School of Muhammadiyah 12 Gresik Kota Baru. The quantity who observed are 29 students at the experimental class and 29 students at control class. Treatment of experimental class was used computer media to learn the main shape of substance and control class was used discourse method. Analysis data techniques was used  t-test analysis to differences between the result of study both of class after being given treatment. And data collection techniques in this research was used observation and tests.


The results of data analysis and calibration was showed that treatment with used media computer to learn the main shape of substance, there is significant escalation than used discource method. The goal of student learning in good (on the average of 8,48) in the experimental class after a given treatment. The results of t-test on pretest and posttest values obtained t = 3,82 and the critical point . Then 1,68 < 3,82 thus provides improved learning outcomes after treatment.


Conclusion from this research was showed that treatment with the use of computer media to learn the main shape of substance was more effective to increase the result of study than discourse method for the main shape of substance in science lesson for VII grade at Junior High School of Muhammadiyah 12 Gresik Kota Baru. For teacher who want to improve learning outcomes for the kind of material that can use computer media learning.


Key: Utilization, Media Computer Learning, science (Science)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.