Pengembangan Media CAI Pada Mata Pelajaran TIK Kompetensi Dasar Membuat Karya Sederhana Menggunakan Program Pengolah Angka Kelas VIII Semester 2 Di SMP N 2 Patianrowo Nganjuk

HERMAN PRIAMBUDI UTOMO

Abstract


Penguasaaan teknologi infomasi dan komunikasi menjadi salah satu  usaha untuk bertahan dan bersaing dalam era globalisasi. Dalam perkembangan dibidang IPTEK menjadi sebuah tantangan disemua lembaga pendidikan, termasuk SMP N 2 Patianrowo Nganjuk untuk mata pelajaran TIK sudah memiliki 1 ruangan laboratorium komputer dengan 12 unit komputer, dan 3 LCD proyektor, tetapi tidak dimanfaatkan secara maksimal  Selain itu dalam proses penyampaian materi TIK hanya menggunakan metode lisan yang hanya menggunakan  buku  paket  tanpa dibantu dengan media pembelajaran. Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa 45% siswa kelas VIII B tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru dan nilai siswa kurang dari SKM yang ditentukan yaitu 70. Sehingga dapat ditarik rumusan masalah “diperlukan pengembangan media CAI pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi membuat karya sederhana menggunakan program pengolah angkasiswa kelas VIII B semester 2 di SMP N 2 Patianrowo Nganjuk”.


Langkah-langkah pengembangan menggunakan model Research and Development (R&D) dari model Sugiyono. Subjek uji coba meliputi ahli materi, ahli media, dan siswa kelas VIII B. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tertutup, wawancara terstruktur dan pre-test post-test. Teknik analisis data menggunakan analisis perhitungan, yaitu modifikasi dari rumus analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil uji coba seluruh subjek, pengembangan media pembelajaran berbasis flash memperoleh nilai 68.08(baik) dan materi yang disajikan didalam media memperoleh nilai 78.33(baik).


Kajian produk yang dihasilkan pada BAB V menunjukkan bahwa pengembangan media CAI sudah layak dan efektif dimanfaatkan guru sebagai sarana atau alat untuk memfasilitasi dalam menyampaikan materi di dalam kelas.


 


Kata Kunci : Media, Pengembangan Media CAI


 



ABSTRACT


The mastery of information and communications technology becomes one of efforts to survive and compete in the globalization era. In the field of science and technology development is a challenge in all educational institutions, including SMP N 2 Patianrowo Nganjuk for ICT subjects have already had one computer laboratory with 12 computers and 3 LCD projectors, but not fully utilized. Meanwhile, ICT only uses oral methods to deliver materials and text book. Observations showed that 45 % of students of VIII B did not understand the material presented by the teacher. The students’ score is less than the specified minimum score of 70. Then, the writer concluded" It requires the development Of CAI on the subject of Information and Communication technologies to make simple work using spreadsheets on eighth grade students in SMPN 2 Patianrowo Nganjuk "


Development steps use a model of Research and Development ( R& D ) made by Sugiyono . The subject of this study are matter experts, media experts, and eighth grade students of B. Instruments of data collection used a closed questionnaire , structured interviews and pre - test post-test . Analysis used analytical calculations, namely the modification of the formula descriptive analysis. Data was obtained from the test results the whole subjects that showed that instructional CAI media development scored 68.08 ( good ) and the material presented in the media got the value of 78.33 ( good ) .


The results showed in Chapter 5 showed that the development of flash-based instructional media is feasible and effective for teachers as a mean to convey the material in the classroom.



Keywords : Media , CAI Media Development


Penguasaaan teknologi infomasi dan komunikasi menjadi salah satu  usaha untuk bertahan dan bersaing dalam era globalisasi. Dalam perkembangan dibidang IPTEK menjadi sebuah tantangan disemua lembaga pendidikan, termasuk SMP N 2 Patianrowo Nganjuk untuk mata pelajaran TIK sudah memiliki 1 ruangan laboratorium komputer dengan 12 unit komputer, dan 3 LCD proyektor, tetapi tidak dimanfaatkan secara maksimal  Selain itu dalam proses penyampaian materi TIK hanya menggunakan metode lisan yang hanya menggunakan  buku  paket  tanpa dibantu dengan media pembelajaran. Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa 45% siswa kelas VIII B tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru dan nilai siswa kurang dari SKM yang ditentukan yaitu 70. Sehingga dapat ditarik rumusan masalah “diperlukan pengembangan media CAI pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi membuat karya sederhana menggunakan program pengolah angkasiswa kelas VIII B semester 2 di SMP N 2 Patianrowo Nganjuk”.


Langkah-langkah pengembangan menggunakan model Research and Development (R&D) dari model Sugiyono. Subjek uji coba meliputi ahli materi, ahli media, dan siswa kelas VIII B. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tertutup, wawancara terstruktur dan pre-test post-test. Teknik analisis data menggunakan analisis perhitungan, yaitu modifikasi dari rumus analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil uji coba seluruh subjek, pengembangan media pembelajaran berbasis flash memperoleh nilai 68.08(baik) dan materi yang disajikan didalam media memperoleh nilai 78.33(baik).


Kajian produk yang dihasilkan pada BAB V menunjukkan bahwa pengembangan media CAI sudah layak dan efektif dimanfaatkan guru sebagai sarana atau alat untuk memfasilitasi dalam menyampaikan materi di dalam kelas.


 


Kata Kunci : Media, Pengembangan Media CAI


 



ABSTRACT


The mastery of information and communications technology becomes one of efforts to survive and compete in the globalization era. In the field of science and technology development is a challenge in all educational institutions, including SMP N 2 Patianrowo Nganjuk for ICT subjects have already had one computer laboratory with 12 computers and 3 LCD projectors, but not fully utilized. Meanwhile, ICT only uses oral methods to deliver materials and text book. Observations showed that 45 % of students of VIII B did not understand the material presented by the teacher. The students’ score is less than the specified minimum score of 70. Then, the writer concluded" It requires the development Of CAI on the subject of Information and Communication technologies to make simple work using spreadsheets on eighth grade students in SMPN 2 Patianrowo Nganjuk "


Development steps use a model of Research and Development ( R& D ) made by Sugiyono . The subject of this study are matter experts, media experts, and eighth grade students of B. Instruments of data collection used a closed questionnaire , structured interviews and pre - test post-test . Analysis used analytical calculations, namely the modification of the formula descriptive analysis. Data was obtained from the test results the whole subjects that showed that instructional CAI media development scored 68.08 ( good ) and the material presented in the media got the value of 78.33 ( good ) .


The results showed in Chapter 5 showed that the development of flash-based instructional media is feasible and effective for teachers as a mean to convey the material in the classroom.



Keywords : Media , CAI Media Development


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.