PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN  IPS MATERI POKOK PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DAN PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA KELAS V  SDN JANTI 1 WARU-SIDOARJO

YUNITA ANGGRAENI

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Mind Mapping dalam pelajaran IPS siswa kelas V materi pokok perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia, serta membuktikan apakah dengan penerapan Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia.


Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen termasuk dalam True-Experimental, dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kelompok yang diberi perlakuan disebut eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Janti 1 Waru-Sidoarjo pada pelajaran IPS siswa kelas V materi pokok perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan analisis uji-t.


Dari data yang telah diambil diperoleh hasil observasi “Sangat Baik”, sedangakan berdasarkan hasil uji-t dengan menggunakan taraf signifikan 5%, db=60 diperoleh thitung 2.790, jika dibandingkan dengan  harga ttabel 1.671, maka thitung lebih besar dari ttabel (2.790 > 1.671). Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar  kelompok eksperimen yang menggunakan metode Mind Mapping dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Mind Mapping berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sehingga hipotesis yang telah dirumuskan berbunyi Ha dapat diterima dan Ho ditolak.


Kata Kunci: Pengaruh, Metode Mind Mapping, IPS


 


Abstract


Research undertaken to describe how the application of Mind Mapping method in fifth grade social studies students the subject matter of struggle against invaders and Indonesian national movement, as well as to prove whether the application of Mind Mapping affect the learning outcomes of fifth grade students in social studies subject matter of struggle against invaders and Indonesian national movement.


This research included experimental studies included in True-Experimental, using the pretext design-posttest control group design. The designs of the two groups were selected at random, called the group treated control group. The data collection instrument used was the test object and the observation of this study is the fifth grade students of SDN Janti I Waru - Sidoarjo in V grade social studies students the subject matter of the struggle against colonialism and Indonesian nationalist movement. Analysis techniques used in the study is using t-test analysis.


From the data already obtained good results once whereas observations based on the results of t-test using a significance level of 5%, db = 60 obtained 2,790 taccount, compared with the price of 1,671 ttable , then taccount is greater than t table (2,790 > 1,671 ). So there is a significant difference learning outcomes experimental group using Mind Mapping with the control group who use the lecture method. From these results it can be concluded that the application of Mind Mapping significant effect on student learning outcomes so that the hypothesis has been formulated reads Ha Ho can be accepted and rejected.


 


Keywords: Effect, Mind Mapping Method, Social science


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.