PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) TATA BAHASA MANDARIN DASAR (HANYU YǓFǍ) UNTUK SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO

IFTIKHATUS SOFYANA

Abstract


CAI merupakan media interaktif yang dapat digunakan dengan karakteristik peserta didik pada tingkat kecepatan yang berbeda-beda dalam memahami informasi yang diberikan serta memadukan antara audio,visual,dan animasi. CAI merupakan media yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah pada rendahnya hasil belajar siswa ke kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Sampel yang diambil, dari 35 siswa kelas X-12 hanya terdapat 8 siswa yang mendapatkan nilai sesuai SKM (70) dan 27 siswa lainnya kurang dari SKM. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengatasi hasil belajar siswa pada penggunaan tata bahasa mandarin dasar, Untuk mengetahui efektivitas media CAI tata bahasa mandarin dasar (Hanyu Yǔfǎ) siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo.


Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model R & D Borg and Gall. Pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu: review dengan ahli materi dan ahli media, evaluasi dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan yaitu dengan kelompok besar dan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan penelitian eksperimen semu yaitu membagi dua kelompok yaitu kelompok ekperimen menggunakan media yang dikelola pengembang dan kelompok kontrol yang dikelola oleh guru tanpa menggunakan media.


Data kuantitatif hasil uji validasi ahli materi I memperoleh persentase sebesar 85.4% kategori sangat baik, ahli materi II 87.5% kategori sangat baik, ahli media I  84.86% kategori sangat baik, ahli media II 93.76% kategori sangat baik, hasil uji coba perseorangan 78.13% kategori baik, uji coba kelompok kecil 87.96% kategori sangat baik. uji coba kelompok besar 88,63% kategori sangat baik. Hasil uji t memperoleh data 1,70 < 2,38 maka hasil tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga, Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media CAI dapat membantu proses belajar mengajar pada Tata Bahasa Mandarin dasar untuk kelas X di Madrasah Aliyah  Negeri Sidoarjo.


 


Kata Kunci: Pengembangan, Media Komputer Pembelajaran, CAI, Model Borg and Gall, Tata Bahasa Mandarin Dasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.