PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MODEL MENTAL PADA SUB-MATERI REAKSI EKSOTERM DAN ENDOTERM DI SMA NEGERI 1 BANGKALAN (DEVELOP OF MENTAL MODELS STUDENT ACTIVITY SHEET ON EXOTERMIC AND ENDOTERMIC MATERIALS FOR SENIOR HIGH SCHOOL 1 BANGKALAN)

SITI FATIMAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS berdasarkan tiga kriteria yaitu: (1) validitas LKS berdasarkan kriteria isi dan konstruksi; (2) keefektifan LKS berdasarkan peningkatan model mental siswa; dan (3) kepraktisan LKS berdasarkan respon siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan 4D yang terbatas pada tahap 3D. Subjek penelitian adalah LKS yang dikembangkan. Sumber data pada penelitian ini adalah pakar kimia dan 16 siswa SMA. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKS valid berdasarkan kriteria  isi sebesar 86,67%-100% dan kriteria konstruksi sebesar 73,40%-86,67%; (2) model mental siswa yang terdiri dari representasi level makroskopik, sub-mikroskopi, dan simbolik berhasil  dilatihkan dengan peningkatan uji N-gain dengan 3 siswa dalam kategori tinggi, 12 siswa dalam kategori sedang, dan 1 siswa dalam kategori rendah (3) LKS mendapatkan respon positif dari siswa dengan kriteria konstruksi sebesar 87,50-100% dan kiteria isi sebesar 93,33-100%. Tiga kriteria telah terpenuhi sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS layak digunakan dalam pembelajaran.


Kata Kunci:  LKS,  model mental,  reaksi eksoterm dan endoterm. 


The  aims of this research is to describe the  feasibility of  Student Activity Sheet or LKS  based on the tree critrias  that  are: (1) validity of LKS based on content and construct criteria; (2) effectiveness of LKS based on student’s mental models  improvement; and (3) practicality of LKS based  on  student’s   responses. The type of this research is research development  by using 4D approaches which is limited by 3D. The subject of this research is LKS that have been developed.  The data source  of this research  were chemistry expert and 16 student of senior high school. Data are analyzed descriptively.  The  result of  this  research  showed  that  (1)  the  activity  sheet  categorized  as  feasible  based  on  content with percentage between 86,67%-100%; and construct with percentage between 73,40%-86,67%; (2)  student’s mental model  that  included macroscopic, sub-microscopic, and symbolic representation level successfully practiced by improving N-gain where 3 student in high category, 13 student in middle category, and 1 student in low category; (3)  the  activity  sheet  get  positive  response  from  students  with  percentage of content category between 87,50-100% and construct category between 93,33-100%.. This tree category have been completed, so it concluded that LKS feasible to use in the learning process.


Keywords:  student activity sheet,  mental models, exotermic and endotermic reactions


Full Text:

PDF


    Online ISSN  (e-ISSN: 2252-9454)     Manuscript Template        Publication Scheme         Publication Forms                                                         

                                                             

 

  Visitors Statistic (since 20 March 2020)

Flag Counter  
                                                                 

                                                               Indexation