Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Kelas XI SMAN 1 Cerme pada Submateri Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia

YESSY BERLIANA, BERTHA YONATA

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 6 SMAN 1 Cerme pada submateri faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan antara lain lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pretest dan posttest hasil belajar keterampilan proses sains, lembar pretest dan posttest hasil belajar pengetahuan, dan lembar angket respon. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains pada pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ketiga telah terlaksana sangat baik dengan memperoleh rata-rata kualitas keterlaksanaan berturut-turut 89,23%; 86,33%; dan 88,89%. (2) Aktivitas siswa yang relevan lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas yang tidak relevan. (3) Keterampilan proses sains siswa yang meliputi merumuskan masalah, menyusun hipotesis, mengidentifikasi variabel, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan telah dilatihkan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dibuktikan dengan peningkatan nilai ¬N-gain yang diperoleh siswa pada kategori sedang dan tinggi. (4) Hasil belajar pengetahuan siswa meningkat dibuktikan pada saat posttest nilai rata-rata siswa mencapai 89,72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,67%. (5) Respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat baik dibuktikan dengan perolehan persentase 87,96%.

Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Kesetimbangan Kimia


Abstract

This research aims to train science process skills of student by use guided inquiry model in class XI IPA 6 SMAN 1 Cerme on factors that affect chemical equilibrium submatter. The type of research is pre-experimental and used One-Group Pretest-Posttest Design. The instrument used include observation sheet for implementation of guided inquiry learning model, observation sheet of student’s activity, pretest and posttest sheet results from learning science process skills, pretest and posttest sheet of learning outcomes of student’s knowledge, and student response questionnaire sheet. The result of research obtained: (1) The implementation of guided inquiry learning model to train science process skills at the first meeting until the third meeting has been carried out by obtaining the average quality of implementation in a row that is 89,23%; 86,33%; and 88,89%. (2) The relevant student activities are higher than irrelevant activities. (3) Student’s science process skills which include formulating problems, composing hypotheses, identifying variables, collecting data, analyzing data, and marking conclusions have been trained by applying guided inquiry learning model as evidenced by an increase in N-gain values obtained by students in the medium and high categories. (4) Student learning outcomes increase as evidenced when the posttest scores of students reach 89,72 with classical completeness of 91,67%. (5) Student responses to the guided inquiry learning model are very well proven by the percentage gain of 87,96%.

Keywords:Guided inquiry, Science process skill, chemical equilibrium.



Full Text:

PDF


    Online ISSN  (e-ISSN: 2252-9454)     Manuscript Template        Publication Scheme         Publication Forms                                                         

                                                             

 

  Visitors Statistic (since 20 March 2020)

Flag Counter  
                                                                 

                                                               Indexation